Ulasan Singkat Sejarah Furniture yang Perlu Anda Tau

riwayat mebel sejarah seni ukir jepara

Daftar isi konten

Sedikit penjelasan ringkas riwayat mebel dari jaman dulu sampai berkembang sampai sekarang ini. Menurut sumber yang dicatat oleh Wikipedia, Pada jaman dulu meja bangku dan almari relatif gampang digerakkan dari batu besar, tembok, dan atap. Sedang kata mebel datang dari bahasa Prancis fourniture (1520-30 Masehi). Fourniture memiliki asal kata fournir yang maknanya furnish atau perlengkapan rumah atau ruang. Meskipun sejarah furniture dan mebel punyai makna yang berbeda, tapi yang dipilih sama yakni meja, bangku, almari, dan sebagainya. Furniture awalnya diketemukan pada era kedelapan saat sebelum Masehi di Phrigian, Bukit Midas, di Gordion, Turki. Di saat itu mebel yang diketemukan ialah potongan meja dan bangku. Dan jauh saat sebelum era kedelapan saat sebelum masehi, periset mendapati jika di peradaban Mesir kuno diketemukan warisan dari era abad millennium 3 saat sebelum masehi berbentuk tempat tidur kuno di dataran Tarkhan.

Selainnya warisan kuno berbentuk tempat tidur, periset mendapati warisan yang berbentuk bangku yang berlapis emas dari pusara Ratu Hetepheres, dan banyak contoh (kotak, tempat tidur, bangku). Design furniture yang telah maju diketemukan di Yunani Kuno di milenium 2 Saat sebelum Masehi, terhitung tempat tidur dan bangku klismos. Design furniture kelihatan pada gambar vas Yunani. Di tahun 1738 dan 1748, ada program penggalian Herculaneum dan Pompeii. Lalu diketemukan furniture Romawi. Letusan Vesuvius 79 AD turut menolong pengawetan mebel ini. Riwayat furniture diketahui dari artefak, atau warisan prasejarah atau dapat kelihatan dari beberapa gambar warisan kuno. Bila diurutkan secara urutan, riwayat furniture ini diawali dari jaman neolitikum, classic, Eropa Kekinian Awalnya, Neoklasik era 19, Amerika Utara Awalnya, Kekinian, Jaman Hijau dan Kontemporer.

riwayat mebel seni ukir jepara
sejarah seni ukir jepara

 

Riwayat Mebel atau Furniture

Sedang perubahan furniture di Asia sangat jauh berbeda dengan furniture yang diperkembangkan di Barat. Furniture atau yang umum kita sebutkan furniture sanggup berkembang dengan style dan ciri-ciri uniknya tertentu meskipun tidak dapat disangkal dialek ke-barat-baratan sedikit-banyak masih menempel pada style furniture di Asia. Dampak style furniture dari Barat terikut dikarenakan oleh hubungan orang Asia sama orang Barat lewat kolonialisme, pengajaran dan info. Furniture Asia dengan style dan cirikhasnya ada dari dataran Asia Tenggara yaitu Indonesia khususnya dari tanah Jawa yang berada di Kota Jepara dan satu kembali dari pulau Bali. Selainnya dari Indonesia, style furniture Asia datang dari Negara Cina, Jepang, India, Pakistan dan Monggolia.

Indonesia mempunyai style furniture yang unik dengan ber-aneka macam hiasan ukir dan beragam jenis ornament. Pusat furniture di Indonesia sekarang ini ada di Kota Jepara yang mana Jepara jadi Kota dengan produsen furniture paling besar di Indonesia atau di dunia. Di Jepara ada beragam jenis tipe furniture dimulai dari mebel yang berpenampilan classic, mebel kekinian, mebel minimalis, mebel Skandinavia, mebel tengah era, mebel industrial dan ada banyak kembali tipe mebel yang lain. Beberapa jenis mebel itu mencakup hamper semua perlengkapan keperluan rumah seperti meja, bangku, almari, konsol, kabinet dan ada banyak kembali.