Tips Membuat Kucing Jadi Gemuk

Tips Membuat Kucing Jadi Gemuk

Teman-teman pasti ada yang pernah merawat kucing kurus. Bukan karena perawakan seperti jenis kucing spinx, yang akan kita bahas ini adalah kucing yang kekurangan gizi. Kucing yang seperti ini biasanya bulunya juga sedikit, karena rontok.

Tentu kalian merasa kasihan dan seakan merasa gagal dalam merawatnya. Tapi tenang, masih banyak usaha yang dapat kalian lakukan supaya kucing kalian gemuk dan bulunya bagus.

Lalu, bagaimana cara yang dapat dilakukan? Berikut ini adalah caranya.

Yuk simak penjelasan di bawah!

Sebelumnya penyebab kucing kurus ini ada 2, yakni:

  1. Karena penyakit;
  2. Kurang makan, umunya ini terjadi pada kucing liar;

Langsung saja disini akan disini akan dibahas satu per satu.

Sebelumnya, jika terdapat penyakit dalam tubuh kucing, seperti cacingan, virus, masalah pencernaan, dan sebagainya hendaklah diobati terlebih dahulu sampai sembuh. Kalian bisa ke dokter hewan terdekat untuk itu. Sembari berobat Anda bisa melakukan perawatan agar kucing kalian kembali gemuk, tentu dengan petunjuk dokter.

Bagi yang ingin merawat kucing liar atau kucing kampung, kalian bisa langsung menerapkan cara di bawah ini. Karena biasanya merawat kucing liar ini hanya perlu makanan penggemuk kucing dan tempat tinggal yang layak agar cepat gemuk. Berbeda, jika kucing liar yang kalian ingin rawat ternyata sakit dan terkena virus. Kaliannda harus mengobatinya seperti petunjuk di atas.

Cara memberi perawatan bagi kucing yang kurus

  1. Berikan Makanan yang Bergizi

Makanan kucing sudah tentu berbau daging-dagingan. Bisa ikan, ayam, sapi, dan lain sebagainya. Umumnya yang dipakai adalah ikan, terutama tuna karena dinilai memiliki kandungan protein tinggi dan nutrisi yang lengkap. Nutrisi tinggi sekarang juga banyak ditemukan di makanan penggemuk kucing. Dengan cara ini kalian bisa memenuhi gizi kucing Anda tanpa harus repot memasak.

Boleh memberikan nasi, tapi jarang saja. Sebab, nasi sebenarnya tidak baik untuk pencernaan kucing. Nasi mengandung karbohidrat kompleks yang sulit dicerna. Anda juga bisa memberikan tempe yang memiliki protein tinggi. Namun, tidak semua kucing suka tempe.

  1. Mandikan Secara Rutin

Kebersihan kucing merupakan hal utama untuk memastikan kesehatan kucing. Kucing yang bersih tentu terhindar dari kuman, bakteri, dan virus.

Selain itu, kucing yang mandi akan merasa segar dan nafsu makannya meningkat. Sehingga dengan cara mandi secara rutin, secara tidak langsung kucing akan makan dengan lahap dan cepat gemuk.

  1. Beri Vitamin

Vitamin membuat kekebalan kucing meningkat dan mencegah penyakit. Selain itu, vitamin juga akan meningkatkan nafsu makan kucing. Sehingga mereka bisa cepat gemuk. Vitamin juga umumnya terkandung dalam makanan penggemuk kucing.

  1. Jangan Beri Makanan MentahMakanan mentah yang tidak dimasak bisa saja mengandung bakteri dan cacing. Hal ini tentu berbahaya bagi kucing. Jangan sampai kucing cacingan karena ini akan menghambat proses penggemukannya. Usahakan beri makanan matang yang higienis.
  2. Berikan Tempat yang Nyaman dan Bersih

Tempat yang nyaman dan bersih akan membuat kucing betah. Tidurpun akan nyenyak. Kenyamanan kucing inilah yang merupakan faktor yang dapat menggemukkan kucing. Jika kucing bahagia, nafsu makan meningkat, dan gizi terjaga.

  1. Secara Berkala Perikasakan Kondisi Kucing

Perikasakan ke dokter hewan apakah ada penyakit yang menyerang kucing kalian. Segera obati jika ada sebelum semakin parah. Perikasakan juga gizinya apakah sudah tercukup dengan baik atau belum.

Demikian cara merawat kucing agar cepat gemuk. Kucing yang gemuk tentu membuat kita menjadi puas. Ingat jangan sampai berlebihan, jika berlebihan namanya obesitas. Obesitas tidak baik bagi kucing. Berikan pula makanan penggemuk kucing agar kucing kalian cepat gemuk.