Mengenal Kandungan Susu Full Cream dan Manfaat Gizinya

Mengenal Kandungan Susu Full Cream dan Manfaat Gizinya

Full cream milk menjadi jenis susu yang sering Anda temui, baik minimarket, supermarket, maupun toko kelontong. Susu ini cukup banyak peminatnya mulai dari anak-anak hingga dewasa. Banyak kandungan susu full cream yang bermanfaat untuk kesehatan. Yuk, kenali lebih jauh tentang susu ini!

Full Cream, Jenis Susu yang Bagaimana?

Full cream memiliki kadar lemak yang lebih tinggi dibanding susu jenis lainnya. Kandungan tersebut menyebabkan rasa susu tersebut lebih rich. Tentunya rasa ini akan lebih disukai anak karena rasa gurihnya. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi beberapa orang akan eneg.

Kandungan lemak yang tinggi menyebabkan kalori dalam sajian per gelasnya juga lebih banyak. Kalori tersebut membuat Anda merasa lebih kenyang dalam waktu lama. Jenis susu ini kurang cocok untuk Anda yang sedang diet.

5 Kandungan Susu Jenis Full Cream dan Manfaatnya

1. Protein Hewani

Susu menjadi salah satu sumber protein hewani bagi berbagai kalangan. Kegunaan protein yaitu sebagai zat esensial dalam pembentukan hormon dan enzim tubuh. Kedua elemen tersebut memiliki fungsi penting dalam metabolisme.

Protein juga berperan dalam penggantian sel yang rusak menjadi sel baru. Saat Anda sakit, sel akan banyak mengalami kerusakkan. Adanya protein sangat bermanfaat dalam proses regenerasi tubuh.

2. Kalsium

Tulang yang kuat menjadi kunci anak untuk bergerak aktif. Asupan kalsium yang cukup dapat mempertahankan fungsi tulang yang sehat. Konsumsi susu dengan kandungan kalsium yang tinggi mampu mengurangi risiko anak terkena osteoporosis saat dewasa.

Selain tulang, kalsium juga menjadi nutrisi fundamental dalam menjaga kekuatan gigi. Email yang bagus berguna sebagai perlindungan dari kemungkinan gigi keropos. Dengan demikian, Anda bisa bebas mengunyah apapun yang diinginkan.

3. Zat Besi

Zat besi merupakan elemen penting dalam hemoglobin darah. Hemoglobin berfungsi sebagai pengikat oksigen yang akan diedarkan ke seluruh tubuh serta mengambil karbon dioksida. Kekurangan zat besi berisiko tubuh kekurangan oksigen dan berakibat lemas.

4. Vitamin

Sajian segelas susu mengandung beragam vitamin yang menunjang fungsi metabolisme. Beberapa di antaranya meliputi vitamin A, B1, B2, B3, B6, B12, C, D, dan E. Masing-masing vitamin tersebut memiliki peranan spesifik yang berbeda.

5. Lemak

Lemak yang terkandung dalam susu termasuk jenis lemak hewani. Lemak berfungsi sebagai pelarut vitamin A, D, E, dan K sehingga mudah dicerna tubuh. Tak hanya itu, lemak juga merupakan sumber energi yang besar setelah karbohidrat. Adanya lemak juga berperan sebagai cadangan makanan, memberi rasa hangat tubuh, serta melindungi organ vital seperti jantung dan paru-paru.

Banyak kandungan susu full cream yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Anda sebaiknya mengkonsumsi susu secara rutin setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan gizi. Namun, pastikan jumlah porsi yang Anda minum cukup dan tidak berlebihan.