Download Lagu MP3 Secara Legal dan Ilegal

1 2

Berbeda dengan zaman dahulu, mendengarkan musik favorit di era sekarang bisa dilakukan dimanapun dan kapanpuan, apalagi setelah kemunculan teknologi internet.

Bayangkan saja, buat kamu yang lahir di tahun 90an ke bawah, maka pasti merasakan susahnya mencari lagu favorit di berbagai macam media.

Jika ingin memutarnya sepuas hati, maka tak ada cara lain untuk membelinya yang kala itu satu kaset pita bisa dihargai antara 25-50 ribu.

Berbeda dengan sekarang, semua orang bisa mendengarkan lagu dengan mudah via internet. Perubahan zaman ini juga mengharuskan para musisi Indonesia membagikan musiknya secara cuma-cuma di platform tertentu (misalnya Youtube), sehingga proses monetasi yang berbasis jual beli beralih menjadi periklanan.

Sementara untuk para pendengar seperti kita, selain streaming kita pun dapat download lagu baik secara legal maupun ilegal.

Perbedaan antara legal dan ilegal ini biasanya terletak pada tampilan website yang disediakannya.

Premium Musik

Lananan streaming musik premium seperti Apple Music, Prime Music, Spotify, dan lain sebagainya menyediakan free trial atau uji coba selama beberapa waktu.

Setelah free trial tersebut habis, maka kita akan dibebankan pembayaran per bulannya yang akan menjadi pendapatan bagi pemilik website dan musisi yang membuat lagu.

Menariknya, harga subscribe atau berlangganan ini tidak lebih mahal dari setelan baju. Rata-rata dari layanan ini membebankan antara 50-150 ribu rupiah per bulannya.

Tapi sekali lagi, buat kamu yang merasa keberatan untuk membayar sejumlah uang, maka masih bisa menggunakan jasa website pengunduh musik yang ilegal.

Terdapat Iklan Pada Platform Gratis

Biasanya pemilik website yang menyediakan layanan unduhan musik secara gratis mendapatkan keuntungan dari iklan yang dihadirkan di sana.

Jadi jika kamu enggan membayar sejumlah uang terhadap platform berbayar, maka kurang begitu pantas jika harus mengeluh saat melihat iklan-iklan bergentayangan di website tersebut.

Dikarenakan iklan inilah, website download lagu tersebut tetap eksis. Itu berarti, berkat iklan itu jugalah kamu dapat mendownload lagu sepuasnya tanpa dibatasi oleh berbagai macam regulasi (selama kuota internet kamu masih ada).

Namun tetap berhati-hati terhadap iklan yang menyuntikkan virus dan program berbahaya. Sebisa mungkin kamu harus jeli terhadap adsvertisement yang seringkali menjebak para pengguna.