Cara Membuat Garis di Word secara Otomatis dan Manual

gambar unggulan

5 Cara Membuat Garis di Word dengan Mudah dan Rapi

Software Microsoft Word tidak hanya menyediakan lembar kerja untuk membuat teks naratif. Dalam Microsoft Word, Anda bisa membuat tabel, font judul menarik dan juga garis serta bentuk. Mempelajari cara membuat garitdi Word sangat efektif untuk mengasah kemampuan desain di Word.

Garis bisa menjadi frame untuk judul dan segmen tulisan lain sehingga lembar kerja Anda pun akan terlihat lebih menarik dan tidak monoton. Garis juga bisa dipakai untuk memisahkan bab demi bab atau menutup halaman. Berbagai surat resmi selalu memberikan aksen garis baik sebagai frame atau sebagai pembatas antara judul dan isi.

Cara Membuat Garis di Word dengan Cara Otomatis

Pada intinya, membuat garis di lembar kerja Word tidak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa mengikuti langkah-langkah mudah berikut ini :

  • Pilih Insert

Di bagian menu bar, pilihlah insert. Anda bisa memilih shapes untuk memulai membuat garis yang ingin Anda pilih. Terdapat banyak garis yang bisa Anda pilih, misalnya garis lurus biasa (shape line), garis lengkung (shape arc), garis dengan panah satu (shape line arrow) atau garis dengan dua panah (shape line arrow double).

  • Meng-Klik pada bentuk yang diinginkan

Pilihlah bentuk yang ingin dihadirkan di dalam lembar kerja dengan cara melakukan klik pada area kosong lembar kerja. Maka bentuk akan muncul pada lembar kerja.

  • Menyesuaikan ukuran dan arah garis

Untuk menyesuaikan ukuran dan arah garis dapat dilakukan dengan cara menarik ujung-ujung bentuk dari garis tersebut. Tariklah keluar untuk memperbesar keduanya atau tarik ke bagian dalam untuk mengecilkan. Untuk membuat garis horizontal, Anda bisa menarik garis ke kiri atau ke kanan. Sedangkan untuk membuat garis vertikal, Anda bisa menarik garis ke bawah.

  • Memperhatikan arah garis

Anda perlu memperhatikan arah garis agar menghindari garis miring. Lakukan dengan cara membandingkan dengan batas pada lembar kerja untuk melihat apakah garis itu sudah lurus atau belum.

  • Cara tepat agar garis yang dibuat benar-benar lurus

Caranya adalah dengan memperhatikan bagian Size, Height isi dengan 0 dan widht isi dengan panjang garis yang diinginkan, misalnya 10 cm. Maka akan terbentuk garis horisontal yang benar-benar lurus dengan panjang 10 cm. Sedangkan jika ingin membentuk garis vertikal yang benar-benar lurus, maka pada bagian Size pengisiannya dibalik, Height isi dengan panjang garis yang diinginkan, widht isi dengan 0.

  • Pilih warna dengan ketebalan garis

Anda bisa menggunakan shape outline untuk mewarnai garis. Baik garis yang berdiri tunggal maupun sebagai tepian bentuk akan menjadi berwarna. Untuk menentukan ketebalan garis pada shape Outline, pilih widht. Kemudian pilih ketebalan garis yang diinginkan. Apabila Anda ingin menghilangkan garis atau menghapus garis yang sudah dibuat, Anda bisa klik garis yang akan dihapus, kemudian tekan tombol delete pada keyboard. Atau bisa juga dengan mengklik garis, kemudian klik kanan pilih cut.

  • Cara Membuat Garis di Word dengan Cara Manual

Cara membuat garis dengan manual sangatlah mudah, Anda hanya perlu mengetikan beberapa karakter minus untuk membuat garis putus-putus. Sedangkan untuk membuat garis yang lurus dan tidak putus-putus, gunakan karakter underscore. Tekanlah karakter tersebut di keyboard dan lepaskan jika panjang garis sudah sesuai.

Itulah dua cara yang bisa dilakukan untuk membuat garis di word dengan cara otomatis maupun manual dengan mudah.